Selasa, 25 November 2014

Manfaat Lamtoro atau Petai Cina


Menurut Prof Hembing Wijayakusuma (Prof HM Hembing Wijayakusuma adalah Ketua Umum Himpunan Pengobat Tradisional dan Akupuntur Se-Indonesia – HIPTRI) dalam tulisannya “Sehat dengan Lamtoro” di Suara Karya (Minggu, 27 Agustus 2006) dikatakan bahwa khasiat lamtoro, antara lain, untuk mengatasi diabetes, susah tidur, radang ginjal, disentri, meningkatkan gairah seksualitas, cacingan, peluruh haid, herpes zoster, luka terpukul, bisul, eksim, patah tulang, tertusuk kayu, bambu dan pembengkakan.

Tentang Lamtoro


LAMTORO merupakan tumbuhan yang memiliki batang pohon keras dan berukuran tidak besar. Tingginya mencapai 2-10 m, ranting bulat silindris, dan ujungnya berambut rapat. Daunnya majemuk, menyirip genap ganda. Anak daun kecil-kecil, terdiri dari 5-20 pasang. Bentuknya bulat lanset, ujung runcing, tepi rata. Permukaan bawah daun berwarna hijau kebiruan, panjangnya 6-21 mm, lebarnya 2-5 mm.

Bunga berbentuk bonggol yang bertangkai panjang berwarna putih kekuningan. Dan terangkai dalam karangan bunga majemuk. Buahnya mirip dengan buah petai, namun ukurannya jauh lebih kecil dan berpenampang lebih tipis. Buah lamtoro termasuk buah polong, pipih, dan tipis, bertangkai pendek, panjangnya 10-18 cm, lebar sekitar 2 cm, berisi biji-biji kecil yang cukup banyak dan di antara biji ada sekat.

Lamtoro sendiri berasal Amerika tropis, biasa ditemukan di pekarangan sebagai tanaman pagar atau tanaman peneduh, kadang tambah liar dan dapat ditemukan dari 1-1500 m di atas permukaan laut. Namanya juga bermacam-macam. Di Sumatera dinamakan pete selong, pete china. Di Jawa dinamakan lamtoro, metir, kemlandingan, selamtara, peuteuy china, peuteuy selong, kamalandingan, pelending (Sunda), kalandingan (Madura).

Manfaat Lamtoro



Untuk mengobati diabetes, gunakan 5 gram bubuk biji tumbuhan lamtoro diseduh dengan 100 cc air panas, kemudian diminum hangat-hangat 1/2 jam sebelum makan. Lakukan 2 kali sehari. Untuk meningkatkan gairah seksualitas dengan menggunakan 5 gram bubuk biji lamtoro, 5 gram merica hitam direbus dengan 200 cc air hingga tersisa 100 cc.

Kemudian masukan 2 butir kuning telur ayam kampung dan 1 sendok makan madu, aduk lalu diminum. Untuk mengatasi gangguan disentri dengan menggunakan 15 gram biji lamtoro, 30 gram krokot direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum. Untuk mengobati masalah cacingan dengan menggunakan biji lamtoro tua dan kering ditumbuk halus menjadi bubuk. Ambil 5 gr bubuk tersebut lalu seduh dengan 100 cc air panas kemudian diminum.

Bahkan bila anda tertusuk kayu, bambu, dan lain-lain gunakan daun lamtoro yang muda secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. Untuk mengobati luka baru dan bengkak, gunakan daun lamtoro secukupnya dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang luka. Untuk mengobati penyakit kelamin herpes zoster dengan menggunakan 30 gram daun lamtoro ditambah 1 siung bawang putih ditumbuk halus kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon